Cancer Myths Debunked: Cancer is a man-made disease

cancer is not a modern disease

Minggu ini, kita akan berbicara tentang mitos bahwa kanker adalah penyakit modern buatan manusia.

Hal ini mungkin lebih terlihat dalam kesadaran publik sekarang daripada masa sebelumnya, tetapi kanker bukan hanya penyakit manusia Barat yang “modern” buatan manusia. Kanker telah ada selama manusia ada. Itu digambarkan ribuan tahun yang lalu oleh dokter Mesir dan Yunani, dan para peneliti telah menemukan tanda-tanda kanker dalam kerangka berusia 3.000 tahun.
Meskipun benar bahwa penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup global seperti kanker sedang meningkat, faktor risiko terbesar untuk kanker adalah usia. Fakta sederhananya adalah bahwa lebih banyak orang hidup cukup lama untuk mengembangkan kanker karena keberhasilan kita dalam menanggulangi penyakit menular dan penyebab kematian lainnya seperti kekurangan gizi. Itu sangat normal, untuk kerusakan DNA di sel biasanya akan meningkat seiring bertambahnya usia, dan kerusakan semacam itu dapat menyebabkan kanker berkembang.
Kami sekarang juga dapat mendiagnosis kanker secara lebih akurat, berkat kemajuan dalam proses screening, pencitraan (imaging), dan patologi. Ya, gaya hidup, diet dan hal-hal lain seperti polusi udara secara kolektif memiliki dampak besar pada risiko kanker – merokok misalnya berada di belakang seperempat dari semua kematian akibat kanker di Asia Tenggara – tetapi itu tidak sama dengan mengatakan itu sepenuhnya modern , penyakit buatan manusia. Ada banyak penyebab alami kanker – misalnya, satu dari enam kanker di seluruh dunia disebabkan oleh virus dan bakteri. *
*World Health Organization 2013

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMERGENCY MEDICAL EVACUATION